Minggu, 25 Oktober 2015

Membedakan Fakta Dan Opini - B.Indonesia SMP/MTs

Membedakan Fakta Dan Opini
A.  Fakta dan Opini
1.    Fakta (Pernyataan yang tidak dapat dibantah karena sudah jelas kebenarannya dan bukti)
a.       Ada data dan bukti
b.      Objektif
c.       Sudah terjadi
d.      Si aDi BeraK : Siapa, Dimana, Berapa, Kapan
2.    Opini
a.       Belum terjadi
b.      Tidak ada data dan bukti
c.       Subjektif
Menu BiJi KalAs BoKan Di MaTaMu : Menurut, Bila, Jika, Kalau, Asalkan, Bolehlah, Akan, Diperkirakan, Maka, tetapi, Mungkin
B. Rangkuman
1.      Tentukan pikiran utama dalam setiap paragraph
2.      Pikiran utama berupa kalimat tunggal (S-P, S-P-O, S-P-Pel, S-P-Ok)
3.      Susun kembali pikiran utama
C. Unsur Syair                             #Ciri-ciri Syair
1.      Rima                                                             1. Sajak a-a-a
2.      Irama                                                            2. Semua isi
3.      Diksi                                                             3. Berisi nasihat / kisah
4.      Pencitraan                                                     4. 4 Baris
5.      Majas                                                            5. 8-12 suku kata
6.      Tipografi
D. Majas Penegas
1.   Pleanasme ; Mundur kebelakang
2.   Tautologi ; Aku tak suka, Tak suka, Tak suka
3.   Paralelisme ;   Aku…..                       …..Kamu
Aku…..      Anafora    …..Kamu   Erifora
Aku…..                       …..Kamu
4.    Klimaks ; Saya telah menempuh pendidikan SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi.
5.    Antiklimaks ; Perguruan Tinggi, SMA, SMP, SD
6.    Elipsi ; Pergi!
7.    Inversi ; Pergi Kamu!
8.     Repetisi ; Saya adalah yang tercantik, Saya adalah yang terbaik
9.    Reloris ; Maukah kamu tidak lulus ujian?
10. Koreksio ; eh maaf, eh sorry, aduh maaf, eh bukan begitu
11. Asidenton ; saya datang, saya lihat, saya menang
12. Polisidenton  ; jika saya datang maka saya akan lihat kemudian mungkin saya akan menang

#Deduktif = Paragraf utama di depan
#= Paragraf utama di belakang

#Variatif = Paragraf utama di depan & belakang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar